Stabilisasi SPAN: Komitmen Bersama Menuju Kedewasaan Sebuah Sistem

Pada semester pertama hingga awal semester kedua 2015, Direktorat Transformasi Perbendaharaan telah mengadakan Pelatihan Stabilisasi SPAN yang diharapkan dapat memantapkan pemahaman pengguna – utamanya terkait fungsi-fungsi baru yang ditambahkan pasca implementasi beserta penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang sering terjadi. Pelatihan ini dilaksanakan untuk pengguna SPAN di Seksi Pencairan Dana, Bank, serta Verifikasi dan Akuntansi sehingga telah mencakup sebagian besar peran yang terlibat dalam proses bisnis SPAN di KPPN.

Seiring dengan implementasi SPAN yang telah dilaksanakan secara nasional, tahap stabilisasi menjadi suatu fase penting di mana komitmen dari pengguna, pengembang dan juga pemelihara sistem memegang peranan yang krusial. Hal ini tentunya tidak lepas dari kenyataan bahwa pada tahapan pengujian dan piloting, skala penggunaan sistem yang masih berada dalam ukuran kecil belum mampu menggambarkan seratus persen kondisi riil SPAN ketika diterapkan secara penuh di seluruh Indonesia.

Hal-hal kecil yang terlewatkan itulah kemudian menjadi tugas kita bersama di masa-masa awal pasca implementasi: pengguna aplikasi sebagai pihak yang merasakan langsung berbagai macam kekurangan ataupun kesulitan yang dihadapi berkomunikasi secara dua arah dengan pengembang dan juga pemelihara sistem sehingga ke depannya SPAN dapat menjadi sebuah sistem yang dewasa (mature).

Mungkin banyak dari kita yang memiliki keraguan setelah menemui banyak kesulitan pasca implementasi SPAN, terutama bagi pihak-pihak di luar tahapan piloting yang notabene merupakan pengguna baru sistem ini. Akan tetapi, apabila sejenak kita mau melihat ke belakang, sudah banyak permasalahan di masa pengujian dan juga piloting yang bisa kita selesaikan hingga SPAN berhasil melangkah sampai kepada titik di mana sekarang ia berpijak; tentunya segala hambatan yang ada saat ini tidak lebih sulit daripada apa yang sudah kita lewati bersama. Oleh karena itu, hal yang menjadi kunci utama dalam mendorong SPAN kepada titik kedewasaan, di mana sebagian besar hambatan yang kini dirasakan sudah tidak ada lagi, adalah komitmen.

Diagram di atas adalah sebuah ilustrasi yang dibuat dengan sedikit humor oleh Austin Kleon dalam bukunya Steal Like An Artist. Bercerita tentang tahapan kondisi psikologis yang biasa dialami dalam kaitannya dengan sebuah karya/proyek. Memang tidak dapat dikaitkan secara langsung dengan SPAN, tapi besar kemungkinan diagram tersebut mewakili apa yang kita rasakan seiring dengan berjalannya waktu dalam perjalanan implementasinya.

Berawal dari optimisme luar biasa (this is the best idea EVER) yang perlahan turun hingga tahapan putus asa (dark night of the soul) hingga akhirnya kembali pulih hingga mencapai pandangan realistis tentang kondisi yang ada (it’s done and it sucks, but it’s not as bad as I thought), kira-kira di mana posisi Anda saat ini? (ALF)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.1 (7 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

pengujian serta piloting

Hal semacam ini pastinya tidak terlepas dari fakta kalau pada bagian pengujian serta piloting, taraf pemakaian system yang masih tetap ada dalam yalla shoot ukuran kecil belum juga dapat melukiskan seratus keadaan riil SPAN saat diaplikasikan dengan penuh di semua Indonesia.

Kemampuan Sikap dan Tingkah Laku

Jadi membuat jati diri dengan modal kedewasaan berfikir bermakna terima perubahan jadi satu keperluan dalam usaha untuk tingkatkan rutinitas yang produktif dengan didukung penguasaan pengetahuan jadi info, sholawat nariyah pengetahuan jadi ketrampilan serta hasrat yang didasari dengan kemauan supaya mempunyai kekuatan untuk merubah langkah berfikir dalam wujudkan muka baru dalam perjalanan hidup anda. Tersebut satu keberanian serta kepercayaan anda supaya anda bisa membimbing kemampuan sikap serta tingkah laku. Yang perlu dalam perjalanan hidup ini, tidaklah apakah anda tidak dapat terima perubahan, tetapi apakah anda bangun kembali untuk berupaya beralih.

Membuat Rutinitas yang Produktif

Dengan memahami arti otak yang kita sampaikan di atas, jadi potensi otak pada manusia bisa mensupport untuk tingkatkan modal kedewasaan berfikir dalam peranan rohaniah, sosial, emosi serta intelektual. Kemampuan berfikir yang digerakkan oleh empat unsur di atas, rukun iman jadi dengan menginginkan kebesaran Allah Swt. Agar bisa mengerti kalau dengan kehendakNya untuk anda yaitu untuk mewujudkan potensi anda seutuhnya. Oleh karenanya dengan modal kedewasaan berfikir yang jadi kemampuan dalam membuat rutinitas yang produktif, jadi hari ini anda melepas pengalaman yang menyakitkan serta mengerti maksud apa yang dibawa oleh pengalaman itu dalam sistem perkembangan anda.

Huruf Jadi Kata Berarti

Modal kedewasaan berfikir juga akan tumbuh serta berkembang pada tiap-tiap manusia, jika potensi otak manusia bisa digunakan dari dua pojok pandangan berarti pertama mengerti arti otak dari phisik yang berkaitan dengan otak atas (kiri serta kanan) dengan peranan “otak kiri” mengatasi angka, logika dan lain-lain., nonton tv online yang membutuhkan pemikiran rasional, serta “otak kanan” fokus diri pada rupa serta bentuk, warna-warni serta kelembutan meremehkan ukuran serta demensi jadi kreatifitas, imajinasi.. Otak bawah yaitu otak bawah sadar. Dia mengatur emosi, sikap insting seorang. Ke-2 pandangan dari pojok rohaniah dengan mengurikan huruf jadi kata berarti.

Kemampuan Fikiran

Dengan kemampuan fikiran anda untuk beradaptasi dari tuntutan perubahan, bermakna anda mulai pikirkan untuk terima perubahan serta menerimanya jadi sisi perlu dari perkembangan serta perubahan yang anda bangun dengan prinsip. Oleh karenanya percayalah anda tidak sendirian doa qunut serta bisa hadapi apapun dengan satu pertolongan kemampuan yang lebih tinggi jadi hidayah dari Allah Swt. Berikut yang disebutkan mempunyai modal kedewasaan berfikir.

modal kedewasaan berfikir

Hari ini dengan modal kedewasaan berfikir anda ikuti tuntutan perubahan dengan membuat rutinitas yang produktif untuk membimbing anda dalam usaha menginginkan kebaikan baru dalam kehidupan anda, doa selamat serta anda bersukur untuk kebaikan yang sudah engkau simpan kedalam hidup anda.

Pendahuluan

Kita mengerti seutuhnya kalau melakukan perubahan tidaklah suatu hal yang gampang dikerjakan tapi gampang disampaikan, oleh karenanya belajarlah menghormati sendiri seperti anda sekarang ini juga akan memberi keberanian untuk beralih serta berkepanjangan sholawat nariyah dengan bertolak dari terima masa lalu anda serta lihat bagaimana masa lalu membuat hidup anda hari ini.

Bagian Piloting Notabene

Mungkin saja banyak dari kita yang mempunyai kesangsian sesudah menjumpai banyak kesusahan saat implementasi SPAN, terlebih untuk pihak-pihak diluar bagian piloting yang notabene adalah pemakai baru system ini. Walau demikian, jika sesaat kita ingin lihat ke belakang, rukun iman , telah banyak persoalan di masa pengujian dan piloting yang dapat kita kerjakan sampai SPAN berhasil mengambil langkah hingga pada titik dimana saat ini ia berdasar.

Camera SLR atau DSLR,

Camera SLR atau DSLR, Pengertian Camera SLR (Single Lens Reflect) yaitu camera canon eos m10 yang memiliki sistem sinar yang masuk kedalam camera dibelokkan ke mata photografer hingga photografer memperoleh bayangan yang identik dengan yang juga akan terjadi.

Serta camera DSLR (Digital Single Lens Reflect yaitu sama serta pengembangan harga kamera nikon tehnologi dari camera SLR yang memakai media penyimpanan digital yakni memory card. Rangkuman Pengertian camera yaitu satu alat yang dipakai dalam kesibukan photografi.

ok

Namun nyatanya anda dapat juga melihat TV segera dari smartphone Android anda. Buat kamu yang menginginkan coba bagaimana caranya tv online indonesia live streaming bermacam channel TV lokal seperti, Trans 7, Trans TV, RCTI, MNC TV, ANTV, Indosiar, Net TV dsb, maupun channel luar negeri segera dari Android, tersebut disini sebagian aplikasi yang dapat anda cobalah.

Bagikan Artikel Ini :

DC dan DRC

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.