Stabilisasi SPAN: Komitmen Bersama Menuju Kedewasaan Sebuah Sistem

Pada semester pertama hingga awal semester kedua 2015, Direktorat Transformasi Perbendaharaan telah mengadakan Pelatihan Stabilisasi SPAN yang diharapkan dapat memantapkan pemahaman pengguna – utamanya terkait fungsi-fungsi baru yang ditambahkan pasca implementasi beserta penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang sering terjadi. Pelatihan ini dilaksanakan untuk pengguna SPAN di Seksi Pencairan Dana, Bank, serta Verifikasi dan Akuntansi sehingga telah mencakup sebagian besar peran yang terlibat dalam proses bisnis SPAN di KPPN.

Seiring dengan implementasi SPAN yang telah dilaksanakan secara nasional, tahap stabilisasi menjadi suatu fase penting di mana komitmen dari pengguna, pengembang dan juga pemelihara sistem memegang peranan yang krusial. Hal ini tentunya tidak lepas dari kenyataan bahwa pada tahapan pengujian dan piloting, skala penggunaan sistem yang masih berada dalam ukuran kecil belum mampu menggambarkan seratus persen kondisi riil SPAN ketika diterapkan secara penuh di seluruh Indonesia.

Hal-hal kecil yang terlewatkan itulah kemudian menjadi tugas kita bersama di masa-masa awal pasca implementasi: pengguna aplikasi sebagai pihak yang merasakan langsung berbagai macam kekurangan ataupun kesulitan yang dihadapi berkomunikasi secara dua arah dengan pengembang dan juga pemelihara sistem sehingga ke depannya SPAN dapat menjadi sebuah sistem yang dewasa (mature).

Mungkin banyak dari kita yang memiliki keraguan setelah menemui banyak kesulitan pasca implementasi SPAN, terutama bagi pihak-pihak di luar tahapan piloting yang notabene merupakan pengguna baru sistem ini. Akan tetapi, apabila sejenak kita mau melihat ke belakang, sudah banyak permasalahan di masa pengujian dan juga piloting yang bisa kita selesaikan hingga SPAN berhasil melangkah sampai kepada titik di mana sekarang ia berpijak; tentunya segala hambatan yang ada saat ini tidak lebih sulit daripada apa yang sudah kita lewati bersama. Oleh karena itu, hal yang menjadi kunci utama dalam mendorong SPAN kepada titik kedewasaan, di mana sebagian besar hambatan yang kini dirasakan sudah tidak ada lagi, adalah komitmen.

Diagram di atas adalah sebuah ilustrasi yang dibuat dengan sedikit humor oleh Austin Kleon dalam bukunya Steal Like An Artist. Bercerita tentang tahapan kondisi psikologis yang biasa dialami dalam kaitannya dengan sebuah karya/proyek. Memang tidak dapat dikaitkan secara langsung dengan SPAN, tapi besar kemungkinan diagram tersebut mewakili apa yang kita rasakan seiring dengan berjalannya waktu dalam perjalanan implementasinya.

Berawal dari optimisme luar biasa (this is the best idea EVER) yang perlahan turun hingga tahapan putus asa (dark night of the soul) hingga akhirnya kembali pulih hingga mencapai pandangan realistis tentang kondisi yang ada (it’s done and it sucks, but it’s not as bad as I thought), kira-kira di mana posisi Anda saat ini? (ALF)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.8 (4 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

IT : Gangguan Sistem

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.