Service Desk

Perubahan sistem dan cara kerja dari sistem legacy ke sistem SPAN melibatkan banyak pihak. Perlu adanya pihak yang dapat dipercaya sebagai problem solver. Untuk itu dibentuk service desk SPAN yang melayani pertanyaan dan permasalahan seputar SPAN terutama seputar permasalahan infrastruktur, proses bisnis dan juga permintaan layanan.

Selain itu juga, Service Desk SPAN sebagai unit pelayanan pengguna memegang fungsi untuk memantau dan menginformasikan status gangguan, permintaan, dan perubahan layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Service Desk SPAN akan berkonsep Single Point of Contact, dimana pengguna SPAN terlebih dahulu terhubung dengan operator selaku gerbang service desk. Jika masalah yang dikeluhkan belum terselesaikan, oleh operator akan di follow-up ke pihak terkait. Untuk itu service desk SPAN dituntut untuk menyediakan layanan dengan standar komunikasi yang konsisten dengan organisasi atau unit bisnis. Disamping ini adalah skema sederhana pelayanan Service Desk SPAN.

Secara lebih mendetail, service desk SPAN terbagi dalam tiga lapisan pelayanan (3 tiers). Lapis pertama adalah operator, yakni pegawai yang telah ditraining untuk menangani gangguan yang dapat dipandu via telepon dan sudah ada knowledge baseKnowledge base ini akan selalu dibuat apabila ada permasalahan baru, sehingga apabila ada permasalahan yang sama muncul lagi, maka penyelesaiannya akan jauh lebih cepat.

Lapis kedua terdiri terdiri dari Tim IT dan Tim Bisnis Proses dari Ditjen Anggaran dan Ditjen Perbendaharaan. Lapis ketiga adalah tenaga ahli dan level pimpinan. Ketika sebuah gangguan masih tidak terselesaikan pada lapis kedua, maka gangguan tersebut akan di eskalasi ke lapis tiga, dimana sudah melibatkan tim ahli dari masing-masing kompetensi.

Untuk lebih jelasnya, berikut skema detail pelayanan service desk:

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Service Desk SPAN, dapat menghubungi:

(021) 345 1165 / 344 9230 (intern 4100) | servicedesk@depkeu.go.id

 

Berikan Rating Anda

Your rating: None Average: 3 (7 votes)

Add comment

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

IT : Programer SPAN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.