Rakor Duta SPAN , Menyambut Tantangan Baru

SPAN telah diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia, apakah dengan demikian tugas Duta SPAN Unit (DSU) telah usai? Jawaban atas pertanyaan tersebut telah didapatkan oleh para DSU dalam kegiatan Rakor Duta SPAN yang diselenggarakan di Medan, Yogyakarta dan Denpasar pada bulan Juli dan Agustus 2015. Berkumpulnya para DSU tersebut berbarengan dengan kegiatan Change Agent Sharing Session (CASS) dan Service Excellence (SE) yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Pegawai Setditjen Perbendarahaan.

DSU sebagai duta perubahan merupakan bagian dari Komite Implementasi SPAN dan SAKTI (KISS) di unit masing-masing. Bersama unsur pimpinan di unit masing-masing DSU saling berkoordinasi dan bahu membahu dalam menjalankan program Change Management and Communication (CMC) dalam rangka implementasi SPAN dan SAKTI.

Dalam kegiatan tersebut, DSU diingatkan kembali akan peran dan tugas-tugasnya. Peran baru yang disematkan kepada KISS dimana DSU ada didalamnya, yaitu pelaksanaan program Tranformasi Kelembagaan dan Program Service Excellence.  Materi terkait tranformasi kelembagaan, peranan dan panduan KISS disampaikan oleh para pejabat dari Direktorat Tranformasi Perbendaharaan.

Tampak suasana yang penuh keakraban dan kehangatan ketika para DSU berkumpul bersama Duta SPAN Koordinator (DSK) sesuai regional masing-masing. Mereka membahas berbagai permasalahan yang selama ini dihadapi dan mengusulkan alternatif solusinya.

Jadi ternyata peranan DSU sebagai bagian dari KISS masih sangat diperlukan untuk mengawal berbagai program perubahan. SPAN, meskipun telah terimplementasikan tetap memerlukan pengawalan dalam rangka stabilisasinya. Sedangkan SAKTI akan segera dilakukan piloting dan rollout yang juga membutuhkan kontribusi dari KISS agar terimplementasi dengan baik sesuai yang diharapkan. Berbekal  suksesnya implementasi SPAN, DSU siap menyambut tantangan baru.(AR)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.2 (5 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

IT - Aplikasi KPPN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.