Rakor Duta SPAN , Menyambut Tantangan Baru

SPAN telah diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia, apakah dengan demikian tugas Duta SPAN Unit (DSU) telah usai? Jawaban atas pertanyaan tersebut telah didapatkan oleh para DSU dalam kegiatan Rakor Duta SPAN yang diselenggarakan di Medan, Yogyakarta dan Denpasar pada bulan Juli dan Agustus 2015. Berkumpulnya para DSU tersebut berbarengan dengan kegiatan Change Agent Sharing Session (CASS) dan Service Excellence (SE) yang diselenggarakan oleh Bagian Pengembangan Pegawai Setditjen Perbendarahaan.

DSU sebagai duta perubahan merupakan bagian dari Komite Implementasi SPAN dan SAKTI (KISS) di unit masing-masing. Bersama unsur pimpinan di unit masing-masing DSU saling berkoordinasi dan bahu membahu dalam menjalankan program Change Management and Communication (CMC) dalam rangka implementasi SPAN dan SAKTI.

Dalam kegiatan tersebut, DSU diingatkan kembali akan peran dan tugas-tugasnya. Peran baru yang disematkan kepada KISS dimana DSU ada didalamnya, yaitu pelaksanaan program Tranformasi Kelembagaan dan Program Service Excellence.  Materi terkait tranformasi kelembagaan, peranan dan panduan KISS disampaikan oleh para pejabat dari Direktorat Tranformasi Perbendaharaan.

Tampak suasana yang penuh keakraban dan kehangatan ketika para DSU berkumpul bersama Duta SPAN Koordinator (DSK) sesuai regional masing-masing. Mereka membahas berbagai permasalahan yang selama ini dihadapi dan mengusulkan alternatif solusinya.

Jadi ternyata peranan DSU sebagai bagian dari KISS masih sangat diperlukan untuk mengawal berbagai program perubahan. SPAN, meskipun telah terimplementasikan tetap memerlukan pengawalan dalam rangka stabilisasinya. Sedangkan SAKTI akan segera dilakukan piloting dan rollout yang juga membutuhkan kontribusi dari KISS agar terimplementasi dengan baik sesuai yang diharapkan. Berbekal  suksesnya implementasi SPAN, DSU siap menyambut tantangan baru.(AR)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 2.7 (9 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Tantangan Panglima TNI

Jenderal TNI. Gatot Nurmantyo menilainya positif apabila pelantikan Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto jadi Panglima TNI dipercepat.

Ia sendiri mengakui telah menghadap ke Presiden RI. Joko Widodo, biar sistem pergantian Panglima TNI dipercepat.

" Saya memohon mohon pada presiden kalau sesudah 'fit and proper test' serta presiden menyepakati, kan tinggal satu langkah ketentuan niat puasa presiden marsekal Hadi diputuskan jadi panglima TNI, " pungkasnya tutur Gatot Nurmantyo pada wartawan di Balai Komando, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017).

Baca : Mulai sejak 5 Desember 2017, Andi Narogong Resmi Sandang Juicetice Collaborator Masalah E-KTP

Salah satu pertimbangan Gatot Nurmantyo yaitu masalah angkatan.

Ia yang disebut lulusan Akademi Militer (Akmil) th. 1982, jaraknya cukup jauh dengan Hadi Tjahjanto.

Hadi adalah lulusan Akmil th. 1986.

Ia cemas ada rasa sungkan yang berlangsung pada Hadi Tjahjanto serta dianya.

" Agar transisi ini jalan mulus, dikarenakan selisih th. saya angkatan delapan dua, pak Hadi delapan enam, empat th. (selisihnya) di akademi, jauh sekali. Agak sungkan-sungkan, jadi bila segera dilantik, serta saya hari itu juga atau besoknya sertijab.

Dalam Rangka Menyambut Tantangan Baru

Ternyata mampuh memberikan suasana yang penuh keakraban dan kehangatan ketika para DSU berkumpul bersama Duta SPAN Koordinator (DSK) sesuai regional masing-masing. Mereka membahas berbagai doa qunut permasalahan yang selama ini dihadapi dan mengusulkan alternatif solusinya.semoga kedepannya semakin lebih akrab

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yakni aplikasi yang di buat faedah mendukung sistem SPAN pada tingkat Instansi dalam hal pengelolaan cost, prinsip, pembayaran, bendahara, persediaan, aset tetaplah, general ledger, dan pelaporan, doa qunut dengan menggunakan sumber daya dan teknologi informasi. SAKTI yaitu gabungan dari beberapa aplikasi yang telah digunakan pada tingkat unit kerja (satker) lebih dahulu. Kecuali menggabungkan beberapa aplikasi yang dahulunya terpisah-pisah juga ambil system usaha yang baru sama seperti system usaha yang dipercaya oleh SPAN.

fungsi dalam pengaturan biaya

SAKTI yang juga akan diperkembang mencakup penggabungan beberapa fungsi dalam pengaturan biaya, proses APBN, sampai pengaturan neraca keuangan. Dalam pengaturan biaya, peranan yang juga akan dikombinasi mencakup pengaturan RKAKL, pengaturan DIPA serta revisi DIPA. Dalam proses APBN, juga akan ada banyak sistem usaha yang baru, yakni manajemen data supplier, manajemen data kontrak, doa sholat dhuha Resume Tagihan serta Surat Perintah Membayar. Dalam pengaturan neraca keuangan, penyempurnaan yang juga akan dikerjakan mencakup aplikasi akuntansi keuangan, akuntansi barang punya negara, rekonsiliasi SAI, pengaturan LPJ bendahara, serta akuntansi persediaan. Untuk memfasilitasi pengiriman data dari aplikasi SAKTI yang berada di lingkup satker ke aplikasi SPAN yang ada pada Kementerian Keuangan, juga diperkembang aplikasi pendukung yang mencakup Portal SPAN serta SPAN SMS

Perubahan teknologi

Perubahan teknologi info serta komunikasi info (Communication Technology/ICT) sudah membawa beberapa perubahan dalam kehidupanmasyarakat dunia. Saat ini orang-orang bisa peroleh info dengan cepat danlengkap dengan terdapatnya jaringan computer yang sama-sama tersambung dari semua penjurudunia (internet) menu takjil

sip

Camera adalah alat vital dari kesibukan photografi, yakni satu alat medium yang dipakai kamera mirrorless untuk menamkap satu gambar. Jadi photografer pasti mesti ketahui seluk beluk camera, dari mulai sejarahnya serta type-jenisnya.

Pengertian camera merupakan harga kamera dslr satu buah alat yg di pakai dalam kesibukan photography, camera dimanfaatkan utk membuat atau merekam satu bayangan ke film/memory card.

sip

Melihat TV dengan on-line atau yang umum dimaksud live streaming TV dapat dikerjakan di beberapa type Android, dari Android yang telah tv online indonesia di-root maupun belum juga. Karna berbentuk on-line, tentunya anda memerlukan akses Internet saat lakukan streaming TV seperti waktu melihat live streaming Moto GP, maupun live streaming bola Indonesia vs Malaysia.

masa digital

Di masa digital ini, terdapat beberapa website serta aplikasi untuk melihat tayangan tv. Anda tidaklah perlu sekali lagi mesti bebrapa ribet tv online beli TV atau menumpang ditempat orang yang lain untuk melihat acara TV kegemaran Anda. Karna kapan juga Anda menginginkan melihat TV, cukup hanya mempunyai koneksi internet, Anda segera bisa terhubung channel TV kegemaran Anda dengan on-line.

Bagikan Artikel Ini :

Verifikasi Fisik

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.