Presiden RI Meresmikan SPAN

Pada tangal 29 April 2015, bertempat di Istana Negara, Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo  meluncurkan  penggunaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.  SPAN merupakan salah satu wujud nyata dari konsep e-government pada lingkup Kementerian Keuangan yang mengintegrasikan proses Penyusunan, Pelaksanaan hingga  Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan. 

Peluncuran secara resmi SPAN ini merupakan tonggak sejarah dalam pengelolaan keuangan negara. Setelah melalui proses pengembangan dan  pengujian yang intensif, dengan melibatkan seluruh stake holder terkait, SPAN resmi  diimplementasikan di seluruh Indonesia.

Acara launching SPAN yang dihadiri oleh para menteri dan pejabat Kementerian/Lembaga tersebut diawali dengan berkumandangnya lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Treasury Choir, paduan suara dari Direktorat jenderal Perbendaharaan. Dilanjutkan dengan penayangan video tentang overview SPAN.

Pada kesempatan berikutnya Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro menyampaikan sambutan mengenai perjalanan hasil penyempurnaan pengelolaan keuangan Negara dan keberhasilan pencapaian pembangunan nasional, pencanangan program tahun pembinaan pajak serta peluncuran SPAN.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan sistem yang terintegrasi seperti  SPAN, pelaksanaan fungsi pengawasan dan pengendalian akan lebih mudah dilaksanakan.  Monitoring dapat dilaksanakan secara real time sehingga akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Presiden juga mendorong agar sistem serupa dapat diimplementasikan di seluruh level pemerintahan, baik di pusat maupun daerah.

Prosesi peluncuran SPAN  ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden Republik Indonesia.  Hal ini sekaligus menjadi penanda era baru dalam pengelolaan keuangan publik. (Yon)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 2.5 (2 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

Akuntansi-ADK KPPN untuk AKLAP

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.