Mengenal Reporting Software Tools Pada Pengembangan SAKTI

Pengembangan SAKTI merupakan pengembangan aplikasi yang memiliki kompleksitas tinggi namun sedapat mungkin dibangun menggunakan software tools yang open source agar dapat terjangkau oleh semua satker. Akan tetapi pemilihan software aplikasi yang open source ini pun harus melalui beberapa kriteria agar tetap handal dan stabil pada saat SAKTI diterapkan di seluruh satker. Kriteria ini tidak hanya berlaku pada software pengembangan business logic aplikasi saja, tapi juga pada reporting software tools.

            Kriteria reporting software tools yang dijadikan pertimbangan adalah :

1.      Ease of use: kebutuhan pelatihan harus minimal dan mudah digunakan oleh pengguna

2.      Ease of deployment: menggunakan standar web browser untuk dapat mengakses tools

3.      Security: harus memiliki tingkat keamanan yang handal (contoh:LDAP)

4.      Distribution: memudahkan pengguna untuk menerima laporan untuk dirinya sendiri dan orang lain

5.      Scheduling: pengguna dapat menjadwalkan laporan pada waktu – waktu yang ditentukan

6.      Multiple formats: pengguna dapat memiliki opsi penentuan format laporan (contoh:XLS,PDF)

7.      Availability: laporan harus dapat tersedia kapanpun dibutuhkan oleh pengguna (24x7)

8.      Ease of administration: mudah dalam konfigurasi dan pengelolaan solusi

9.      Viability:harus memiliki komunitas yang baik dan berkembang dengan lisensi yang wajar

Berdasarkan kriteria tersebut, reporting software toolsyang menjadi pertimbangan dalam pengembangan aplikasi SAKTI adalah tools yang selain open source juga mendukung bahasa pemrograman JAVA sesuai dengan arsitektur SAKTI. Ada 2 jenis tools yang menjadi pertimbangan yaitu JasperReports dan OpenReports.

OpenReports  merupakan salah satu tools reporting open source yang memenuhi hampir seluruh kriteria reporting software tools. Karena selain mudah digunakan, OpenReports juga memiliki tingkat keamanan yang handal, mendukung fungsi distribution,scheduling, multi formats danavailability.  Namun OpenReports  dikembangkan oleh single programmer sehingga tidak memiliki dukungan komunitas yang cukup baik untuk mendukung perkembangan aplikasi dan dukungan pemberian solusi. Sehingga untuk pengembangan SAKTI dipilihlah tools yang memenuhi seluruh kriteria reporting software toolyaitu JasperReport.. Selain termasuk tools yang opensource, JasperReport jugamemiliki dukungan komunitas yang baik sehingga sering disebut JasperReport CE(Community Edition). Komunitas JasperReport/Jaspeserver ini dapat diakses pada alamat http://community.jaspersoft.com. Selain itu JasperReport juga memiliki versi produk komersial yang mendukung kemampuan di sisi Web-based user defined reporting (adHoc), Analytic tools and visualization  danDashboard capabilities.

JasperReportsmerupakanbagian dari Jaspersoft atau JasperReportsServer. Didalam produk JasperReportsini terdapat report libraryberbasis JAVAyang dapat menjalankanfile templatelaporandengan format JRXML. Sehingga memungkinkan penggunauntuk menjalankan laporan pada desktopnya.

Gambar workspace iReport

Oleh karena JasperReportshanya berupa kumpulan dari report library, maka untuk menghasilkan sebuah report harus ada third-party tools yang mendukungnya. Third-party tools yang digunakan sebagai desainer visual dari JasperReportspada pengembangan SAKTI adalah iReport. DenganiReportini, pihak pengembang dapat menciptakandan mengedittemplate laporan yang  berfungsi untuk mendefinisikantata letak laporandalam bentuk file berbasis XML. Dimana template laporan yang dihasilkan oleh ireport tersebut disebut dengan file JRXML.

Arsitektur JasperReport pada SAKTI 

       

 Pada pengembangan SAKTI, JasperServer hanya digunakan pada penerapan SAKTI Client Server(Online). Dimana seluruh template report (JRXML) dan report library, ditempatkan pada JasperServer yang terpisah dengan PC Client. JasperServer ini terhubung ke User Interface pada PC Client dan database melalui jaringan. Sementara untuk penerapan SAKTI Standalone (Offline), tidak menggunakan JasperServer, namun seluruh template report (JRXML) dan report library ditempatkan menjadi satu pada PC Client. Sehingga tidak membutuhkan koneksi jaringan pada saat menjalankan laporan.

 

 

Artikel terkait :  Mengenal Framework Pengembangan Aplikasi Custom Web

                           Mengenal Arsitektur Pengembangan SAKTI 

 

Penulis : Ni Putu Aryanti K.

Pranata Komputer Pertama, Dit. TP

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.5 (2 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

Apa saja tahapan/fase tersebut?

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.