Teknologi

Mengenal Framework pengembangan Aplikasi  Custom Web

 

Custom Web (CW) merupakan sistem aplikasi yang digunakan oleh Ditjen Anggaran dan juga seluruh Kanwil Ditjen Perbendaharaan  untuk melakukan proses penyusunan dan revisi anggaran negara.  Secara proses bisnis, aplikasi CW mengacu pada aplikasi DSW (DJA Single Window) yang terdiri dari fungsi Penyusunan RKAKL DIPA , Penelahaan Online, Proses Approval, Pencetakan DIPA dan Laporan lainnya,  Pengelolaan Referensi serta Pengelolaan Sistem Admin.

Custom Webmerupakan aplikasi pendukung sistem Oracle Hyperion yang dibangun secara Web Based dan terintegrasi dengan EBS SPAN. Fungsi integrasi sistem CW dengan EBS SPAN terkait proses validasi Data Anggaran (RKAKL DIPA)  baik dari sisi referensi COA (Chart of Account), CVR (Cross Validation Rule) maupun validasi ketersediaan dana/FA (Fund Available).

Custom Webdikembangkan menggunakan LG CNS  DevOn Java Framework yang berbasis pada Framework J2EE( Java 2 Enterprise Edition) dengan spesifikasi Java versi 7 update 45 dan menggunakan  Eclipse sebagai software development tools. Flow arsitektur konfigurasi software dari  DevOn Java Framework adalah sebagai berikut:

Software Architecture Configuration flow DevOn Java Framework

            DevOn Java Framework merupakan framework yang didesain dengan struktur multi-tier yang terdiri dari :

a.      Presentation Tier

Merupakan layer yang berfungsi sebagai client application atau user interface berbasis web. Layer ini dibangun dengan beberapa komponen yaitu:

-          View: client dari web browser yang dibangun menggunakan JSP (Java Server Pages)

-          Servlet: class yang didefinisikan dalam java dan digunakan untuk meningkatkan kemampuan web server dalam menangani request dan response client.

-          Interceptor: sebuah mekanisme yang dapat digunakan untuk memotong alur action, dan dieksekusi sebelum atau sesudah COMMAND. Contohnya jika ingin melakukan sesuatu sebelum sebuah action di eksekusi, dan bila ada kondisi tertentu yang tidak diinginkan/terpenuhi kita ingin membatalkan action tersbut dan melemparnya ke action yang lain untuk ditangani. Biasanya digunakan untuk proses profiling, logging dan auditing.

-          Navigation: navigasi pada client yang dibuat menggunakan XML file

-          Command:  proses penyaluran request dan response dengan Servlet melalui protokol komunikasi , yang dalam framework ini menggunakan HTTP Server.

 

b.      Business Tier

Merupakan layer Application Server yang mengaplikasikan bisnis logic  dan berfungsi sebagai penghubung antara client dan sistem database

-          Biz: method atau fungsi untuk mengelola bisnis logic berdasarkan user’s requirement yang menunjuk pada DAO class tertentu.

-          Util: method utility yang dipanggil dari Biz untuk menjalankan bisnis logic yang riil dengan cara memanggil DAO.

 

c.       Persistence Tier

Merupakan layer Database Server yang berfungsi sebagai pengelolaan data.

-          Query: procedure Query yang didefinisikan dalam XML File

-          DAO (Data Access Object) : konsep atau pola membangun sebuah bisnis logic secara terstruktur sesuai dengan entitas yang terdapat pada database

 

Dengan menggunakan DevOn Java Framework, aplikasi Custom Web ini dapat digunakan dengan mudah di komputer client karena hanya melakukan installasi disisi client aplikasinya saja. Sementara Application Server dan Database Server nya dikelola secara terpusat.

Artikel Terkait :  Mengenal Arsitektur Pengembangan SAKTI

                             Mengenal Reporting Software Tools pada Pengembangan Sakti

 

 

Penulis : Ni Putu Aryanti K.

Pranata Komputer Pertama, Dit. TP

 

Berikan Rating Anda

No votes yet

Add comment

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

IT - Service Desk

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.