KISS Berperan Menjaga Semangat Kebersamaan dalam Menyongsong Implementasi SPAN

Sebuah kegiatan yang mempertemukan para ketua Komite Implementasi SPAN dan SAKTI (KISS) yang notabene adalah para kepala kanwil DJPB dan kepala KPPN telah digelar pada tanggal 15-17 Juni  2012 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara yang dilaksanakan di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta tersebut merupakan kegiatan pertama kali, yang mempertemukan para ketuanya sejak dibentuknya KISS dengan surat keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan pada tahun 2011.

Sesuai apa yang disampaikan oleh ketua panitia kegiatan ini, Syafriadi, Kasubdit Transformasi  Proses Bisnis Internal dan Organisasi yang juga mewakili Tim Change Management and Communication (CMC) SPAN, bahwa konsolidasi KISS menjadi kebutuhan yang mendesak untuk segera lakukan. “Melalui konsolidasi inilah kita bisa saling berbagi untuk menyamakan pemahaman dan mengupdate perkembangan. Sehingga peran penting sebagai ketua KISS betu-betul dapat kita jalankan dengan sebaik-baiknya” tegasnya.

Kehadiran Dirjen Perbendaharaan, Agus Suprijanto dan Staff Khusus Menteri Keuangan bidang IT, Bobby A.A Nazhief menunjukkan arti penting acara tersebut terkait dengan implementasi SPAN dan SAKTI.  Dalam sambutannya, Bapak Agus Suprijanto berpesan agar para ketua KISS dapat menjaga kondisi kantor yang kondusif dan harmonis dengan mengembangkan semangat kebersamaan dalam menyongsong SPAN yang dalam waktu dekat akan diimplementasikan. Dalam kesempatan itu pula, Dirjen Perbendaharaan secara resmi membuka acara yang bertajuk Konsolidasi KISS dan Sosialisasi Proses Bisnis SPAN 2012.

Usai seremonial pembukaan disampaikan materi perkembangan terkini tahapan implementasi SPAN yang disampaikan oleh Bapak Bobby A.A Nazhief, dan dilanjutkan dengan materi perananan KISS yang disampaikan oleh Bapak Paruli Lubis. Selain mendapatkan materi tentang KISS, keesokan harinya, bertempat di Kanwil Perbendaharaan Provinsi Yogyakarta, para Kepala KPPN diberikan informasi terkini tentang gambaran organisasi DJPB dimasa mendatang oleh Kepala Bagian OTL, Dydik Choirul. Secara paralel, Dirjen Perbendaharaan memimpin  diskusi dengan para kepala Kanwil tentang penajaman fungsi kanwil DJPB dimasa mendatang.

Tak kalah menariknya, peserta juga disuguhi dengan demo aplikasi SPAN yang menggunakan jaringan SPAN yang telah tersedia di Kanwil Yogyakarta. Selama ini segenap pegawai DJPB telah menunggu-nunggu untuk dapat melihat secara langsung aplikasi SPAN. Demo aplikasi SPAN dipandu langsung oleh para Kepala seksi Proses Bisnis Internal dan Eksternal Dit. Transformasi Perbendaharaan sebagai person in charge (pic) modul SPAN yang dibantu oleh functional consultant (FC) dari LG-CNS. Dukungan LG – CNS sebagai pengembang aplikasi juga ditunjukkan dengan hadirnya Project Manager LG CNS, Mr.Hak-Joo  Choi pada acara ini. Pada acara demo aplikasi tersebut, peserta secara langsung mengikuti proses demi proses dalam menjalankan aplikasi SPAN secara online.

Diakhir kegiatan peserta mendapatkan pencerahan dalam sesi motivasi yang disampaikan oleh Guru Besar UGM, Prof. Djamaludin Ancok. Suasana yang rileks dan segar dalam sesi motivasi tersebut diharapkan bisa memicu semangat dan komitmen para ketua KISS dalam menjalankan perannya.

Konsolidasi KISS dan Sosialisasi Proses Bisnis SPAN yang dilaksanakan di Yogyakarta  ini merupakan tahap pertama yang diikuti oleh para ketua KISS untuk wilayah Jawa dan Kalimantan. Kegiatan serupa direncanakan digelar di Palembang dan Makassar untuk para ketua KISS wilayah lainnya. (AR)

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 3.5 (2 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Bagikan Artikel Ini :

IT - Implementasi SPAN

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.